RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPA


Assalamualaikum, sobat. 
Berikut saya jabarkan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang saya buat, semoga bermanfaat dan jangan lupa share blog ini ya dan minta comentnya juga. terimakasih...
Wassalamualaikum

Dowanload RPP Kuarikulum 2013 disini 



sumber gambar: layananptk

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                            
Satuan Pendidikan : SMPN 1 Gisting Bawah
Mata Pelajaran       : IPA Terpadu
Kelas/Semester      : VII         
MateriPokok          : Objek IPA dan Pengamatannya
Sub Materi             : Pengukuran serta Satuan Baku dan Tak Baku
AlokasiWaktu        : 2 x 40 Menit (1 kali tatap muka)

A. Kompetensi Inti

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi    
No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
2
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawa; kritis; kreatif; inovatif) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
2.1.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab) dalam aktivitas sehari-hari.
3
3.1 Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
3.1.1 Konsep pengukuran berbagai besaran pada diri, mahluk hidup dan lingkungan fisik sekitar.

3.1.2 perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.

4.
4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, mahluk hidup dan lingkungan fisik dengan mengunakan satuan tak baku dan satuan baku.
4.1. 1 Menyajikan hasil observasi dalam bentuk  laporan tertulis.


D. Tujuan Pembelajaran
1.        Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang Konsep pengukuran berbagai besaran pada diri, mahluk hidup dan lingkungan fisik sekitar. Dan perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
2.        Peserta didik dapat melakukan pengukuran dengan satuan tak baku, melakukan inferensi, dan mengomunikasikan hasilnya.
3.        Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pengukuran.
4.        Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya satuan baku.
5.        Peserta didik dapat melakukan konversi satuan dalam SI dengan memanfaatkan nilai awalannya.
6.        Peserta didik terampil dalam mengunakan alat-alat ukur dalam kehidupan sehari-hari.

E. Materi Pembelajaran
·         Mengukur adalah membandingkan besaran dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan.
·         Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur serta memilki nilai dan satuan.
·         Satuan yang digunakan dalam kegiatan IPA meliputi satuan terstandar (baku) dan satuan tak standar (tak baku).
              Misalnya kegiatan mengukur tinggi badan dengan mistar (baku) dan  menggunakan panjang pensil (tak baku)
·         Satuan baku adalah satuan yang telah disepakati secara internasional
 Contoh satuan baku  : meter, kilogram dan sekon.
·         Satuan tak baku adalah satuan yang bersifat lokal (kedaerahan) sehingga tidak bersifat internasional.
Contoh satuan tak baku  :  jengkal (kilan), hasta, depa

F. Pendekatan/Metode/Strategi pembelajaran
1.      Pendekatan    :   Scientific
2.      Metode          :   Diskusi Informasi dan Eksperimen
3.      Model            :   Discovery Learning

G. Media/Sumber belajar
1.      Media
Lingkungan
2.      Sumber Belajar
1)      Buku IPA SMP Kelas VII
2)      Lembar Kerja Kelompok
3)      Lembar Kerja Siswa
4)      Referensi dari Internet

H. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Langkah- langkah Model Discovery Learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
1
2
3
4
Pendahuluan
Menciptakan situasi ( Stimulasi)
●  Pemusatan Perhatian  :

Guru mengenalkan benda di sekitar, misalnya  pintu, daun, dan meja.

Guru mengajukan pertanyaan :

Tuliskan apa saja yang dapat diukur pada benda tersebut, dan apa saja yang tidak dapat diukur!
●  
     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat dari mengamati objek IPA serta melakukan pengukuran.
10 menit

Kegiatan Inti

Pembahasan tugas dan Identifikasi Masalah







Observasi




Pengumpulan Data





Pengolahan data dan analisis data






Komunikasi

Generalisasi


●  
      Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu melakukan pengamatan pada benda-benda yang ada disekitarnya.
     
      Langkah-langkah  :

Membagi siswa dalam 6 kelompok

Diskusi siswa secara kelompok mengerjakan LKK Sub Topik Pengukuran serta Satuan baku dan Tak baku

Siswa melakukan pengukuran pada benda-benda di sekitar dengan menggunakan alat ukur baku (mistar) dan  alat ukur tak baku yaitu jengkal.
-     
      Mencatat data hasil pengamatan pada kolom yang tersedia pada LKK
-     Pengamatan
Menganalisis data




      Presentasi hasil pengamatan

Menarik kesimpulan :  Pengukuran merupakan kegiatan membandingkan suatu besaran yang diukur dengan alat ukur yang digunakan sebagai satuan. Satuan yang digunakan dalam kegiatan IPA meliputi satuan terstandar (baku) dan satuan tak standar (tak baku).




30 menit
Penutup

      Siswa dan guru menyimpulkan hasil kegiatan   pembelajaran.
      Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja baik.
      Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja baik.
10 menit




A.      PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.    Metode dan Bentuk Instrumen
Metode
Bentuk Instrument
Sikap
Lembar pengamatan sikap
Tes tertulis
Tes uraian

        a.       Lembar Pengamatan Sikap (Psikomotor)

PENGAMATAN PERILAKU ILMIAH
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jml
Rasa ingin tahu
Ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan percobaan
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu atau kelompok
Ketrampilan berkomunikasi pada saat belajar
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
4
...



RUBRIK PENILAIAN PERILAKU ILMIAH

No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
   3:   Menunjukkan rasa ingin tahu yang besar,antusias, aktif dalam melakukan kegiatan kelompok.

   2:    Menunjukkan rasa ingin tahu tetapi tidak terlalu antusias,  baru terlibat aktif setelah disuruh.

   1:   Tidak menunjukkan antusias dalam pengukuran, sulit terlibat aktif meskipun telah didorong untuk aktif.
2
Ketelitian dan hati hati
  3:    Melakukan pengukuran sesuai prosedur dan    serius

   2:    Melakukan pengukuran sesuai prosedur setelah diberi petunjuk

   1:    Tidak melakukan pengukuran, sulit terlibat aktif meskipun telah didorong untuk aktif.
3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individumaupun kelompok
     3:    Tekun menyelesaikan tugas sampai akhir pengukuran, dan tepat waktu

    2:    Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas kelompok

     1:    Tidak berupaya sungguh sungguh untuk menyelesaikan tugas
4
Berkomunikasi 
3:    Dapat mempresentasikan dasil pengukuran besaran dengan baik dan benar

2:    Berupaya sungguh sungguh untuk presentasi,meskipun belum sempurna

1:    Tidak melakukan presentasi,meskipun disuruh maju oleh guru

Kriteria penskoran :                             Kriteria Penilaian :
1.Baik                : 3                                10 – 12            A
2.Cukup             : 2                                7  -  9               B
3.Kurang            : 1                                4 – 6                C
                                                                        ≤  3                  D

b. Tes Uraian (Kognitif)
     Instrumen Soal Uraian :
1.      Jelaskan pengertian mengukur !
2.      Tuliskan besaran apa yang ada pada buah apel !
3.      Tuliskan besaran dan satuan yang tepat pada kegiatan pengukuran tinggi sebuah pohon !
4.      Tuliskan 3 syarat suatu satuan dikatakan bersifat standar atau baku!
5.      Konversikan satuan-satuan di bawah ini!
a.       1 cm    = ... m
b.      100 m  = ... cm
c.       1000 m= ... km
d.      1 hm    = ... m
          Rubrik Penilaian Tes Uraian (Kognitif)
No.
Soal
Skor
1.
Jelaskan pengertian mengukur !

Jawaban Benar : 5
Jawaban Salah : 1
2.
Tuliskan besaran apa yang ada pada buah apel !

Jawaban Benar : 5
Jawaban Salah : 1
3.
Tuliskan besaran dan satuan yang tepat pada kegiatan pengukuran tinggi sebuah pohon !

Jawaban Benar : 5
Jawaban Salah : 1
4.
Tuliskan 3 syarat suatu satuan dikatakan bersifat standar atau baku!

Jawaban Benar : 5
Jawaban Salah : 1
5.
Konversikan satuan-satuan di bawah ini!
a.       1 cm    = ... m
b.      100 m  = ... cm
c.       1000 m= ... km
d.      1 hm    = ... m

Jawaban Benar : 5
Jawaban Salah : 1
Jml
5 Soal
Benar Semua : 25
Salah Semua : 5

 Penilaian : Jumlah Benar x 4 = ...



Artikel Lainnya

loading...