Download Permendikbud No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah


Permendikbud pada 28 Juni mengundangkan Peraturan Menteri No 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan ini ditetapkan di Jakarta pada tanggal 05 Juni 2016 oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan.



Sebelum membahas SKL mari kita cermati terlebih dahulu apa itu pengertian Standar Kompetensi Lulusan?.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah Kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan (Permendikbud 2016:2).

Pada Peraturan tersebut memutuskan bahwa:

Menetapkan: PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH

Pasal 1
1. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi, standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengolaan, dan standar pembiayaan.

2. Standar Kompetensi Lulusan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:
a. Kompetensi Lulusan SD/MI/SDLB/Paket A;
b. Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan
c. Kompetensi Lulusan SMA/MA/SMK/MAK/SMALB/ Paket C.

3. Standar Kompetensi Lulusan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Pasal 2
Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 3
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.

Download Salinan Lampiran Peraturan Kemendikbud / Penetapan

Download Salinan Lampiran Peraturan Kemendikbud / Isi

Demikianlah pos kali ini mengenai Download Permendikbud No 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah yang bisa admin PI berikan semoga dapat di gunakan sebagaimana mestinya. Jika dirasa bermanfaat maka sebarkan ke kerabat dekat sehingga lebih banyak orang yang tahu.




Artikel Lainnya

loading...