Tahun 2016 Kurikulum 2013 akan menjadi KURNAS


Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tahun 2016 akan mengubah kurikulum 2013(Kurtilas) menjadi Kurikulum Nasional (Kurnas). Diharapkannya perubahan ini tidak akan membuat bingung siswa sebagai penerima kurikulum dan guru sebagai pelaksana kurikulum. 

 

sumber gambar: pk-plk

Menurut Kabid Dikmen Disdikbud Teguh Irianto Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung belum menerima informasi pasti mengenai perubahan kurikulum tersebut. 


Dengan adanya rencana perubahan kurikulum ini seharusnya membuat  mudah poses kegiatan belajar mengajar (KBM) bukan malah sebaliknya yaitu menambah beban dan susah guru. 


Wacana pembuatan kurnas ini untuk menghilangkan konotasi kurikulum yang selama ini dinilai temporer atau berjangka seperti k-1999, k-2006, dan k-2013. 


Download RPP Kurikulum 2013


Hal ini didasarkan karena selama ini penamaan kurikulum menggunakan angka tahun. Inilah yang akan diubah supaya kurikulum yang ada tidak seakan-akan seperti cabinet yang akan berganti setiap periode tertentu. 


Untuk isi materi kurikulum nasional ini, kemungkinan besar gabungan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 dan tambahan beberapa yang baru. Menurut isu memang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berencana meluncurkan kurnas. 


Jadi dengan adanya kurikulum Nasional ini maka kurikulum 2013 akan dikupas menjadi tiga bagian atau jenis. Ketiganya yakni kurnas, Kurikulum berbasis pengembangan atau potensi daerah, dan yang paling kecil yaitu kurikulum yang mencakup kekhasan atau masing-masing kondisi sekolah. 




Artikel Lainnya

loading...